Rabu, 04 April 2012

permintaan dan penawaran I


PERMINTAAN LAWAN JUMLAH YANG DIMINTA

Dalam masalah – masalah ekonomi sering kali kita tidak dapat membedakan antara permintaan dengan jumlah yang diminta. Menurut pengertian ekonomi permintaan dapat bertambah tetapi jumlah yang diminta berkurang,atau bisa sebalik nya.

Dalam ilmu ekonomi yang dimaksud dengan permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga dan pada periode tertentu,atau bisa dikatakan seluruh bagian dari sebuah kurva permintaan,Permintaan akan suatu barang dikatakan berubah apabila kurva permintaan mengalami perubahan. Apabila kurva permintaan tidak mengalami perubahan dikatakan tidak ada perubahan permintaan. Apabila kurva permintaan tidak mengalami perubahan, dalam arti tidak bergeser ke kanan atau ke kiri, ke atas atau ke bawah, yang mungkin berubah adalah kuantitas yang diminta. Dalam hal ini kuantitas yang diminta mengalami perubahan sebagai akibat daripada adanya perubahan harga barang tersebut, dan bukan sebagai akibat berubahnya permintaan.
Permintaan suatu barang dikatakan berubah apabila kurva permintaan mengalami perubahan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan :
- Harga barang :
Jika harga makin tinggi maka permintaan makin rendah dan begitu sebaliknya jika harga barang rendah maka permintaan akan barang tersebut makin tinggi.
- Tingkat pendapatan perkapita :
Makin tinggi pendapatan seseorang maka makin besar daya beli yang ia miliki, sehingga permintaan akan barang dan jasa pun meningkat, dan begitu sebaliknya jika orang berpenghasilan rendah maka pemintaan akan barang dan jasa pun akan menurun.
- Selera atau kebiasaan :
Jika selera masyarakat meningkat maka permintaan pun meningkat pula, dan sebaliknya. Selera masyarakat sering disebut mode atau tren.
- Jumlah penduduk :
Makin besar jumlah penduduk maka makin besar pula permintaan terhadap barang dan jasa, dan sebaliknya.
- kualitas barang :
Makin tinggi kualitas suatu barang maka keinginan (permintaan) orang untuk dapat memiliki barang tersebut makin besar.
- harga barang lain yang berkaitan :
Harga barang lain yang dimaksud ini adalah barang substitusi. Yaitu barang pengganti yang sama fungsinya dengan barang yang dibutuhkan.
- waktu :
Pada waktu-waktu tertentu permintaan terhadap barang dan jasa bisa meningkat dari pada hari-hari bisa, seperti pada saat lebaran atau hari-hari besar/istimewa yang lain.
- kejadian yang akan datang :
Isu sering kali dikembangkan untuk mempengaruhi permintaan agar dapat meningkat, seperti adanya berita tentang kenaikan BBM, kenaikan sembako dll.

referensi( iskandar putong)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar